Part 1
The Hand Seals
Nanti begitu kita menekan tombol Start, kita akan diperlihatkan sejumlah gambar Hand Seal yang diperlukan untuk mengeluarkan suatu jutsu. Setelah beberapa detik, gambar-gambar Hand Seal tersebut akan ditutup, dan kita harus mengingat kembali Hand Seal apa saja yang diperlukan dalam jutsu tersebut.
Secara keseluruhan kita akan ditanyai mengenai gambar Hand Seal dalam sepuluh jutsu yang berbeda, dan kita diberikan HANYA tiga kali kesempatan untuk mencoba lagi jika kita salah mengingat gambar.
Harap hati-hati ketika memilih gambar, karena jika terlanjur salah memasukkan urutan, kita tidak bisa mengganti gambar tersebut maupun mengubah urutannya.
Urutan:
- Dua hand seal. Waktu mengingat: 10 detik.
- Dua hand seal. Waktu mengingat: 10 detik.
- Empat hand seal. Waktu mengingat: 10 detik.
- Empat hand seal. Waktu mengingat: 5 detik.
- Enam hand seal. Waktu mengingat: 10 detik.
- Enam hand seal. Waktu mengingat: 5 detik.
- Delapan hand seal. Waktu mengingat: 10 detik.
- Delapan hand seal. Waktu mengingat: 5 detik.
- Sepuluh hand seal. Waktu mengingat: 10 detik.
- Sepuluh and seal. Waktu mengingat: 7 detik.
Tips and Trick The Hand Seals :
Untuk 6 soal pertama mungkin masih lumayan mudah diingat, tapi untuk soal 7 ke atas, mustahil bagi orang biasa untuk mengingat 10 gambar dalam 7 detik. Karena itu gunakan saja media yang ada untuk mengcapture gambar Hand Seal dalam soal; bisa dengan PrtSc No Jutsu, kamera handphone, atau bisa juga dicatat dan ditulis.
Cara termudah: Klik tombol PrtSc (ada di dekat pojok kanan atas keyboard), kemudian buka MS Paint, dan Ctrl+V.
Part 2
- Section I : Fighting Kiyoshi
Pola serangan:
Ketika HP masih lebih dari separuh HP:
- Water Bundle ~200 damage (1 turn ~Restriction, 2 turn)
- Water Dragon Missile ~200 - 350 damage (1 turn)
- Dual Chop ~60 - 110 damage (2 turn)
Ketika HP kurang dari separuh HP: *masih belum valid*
- Refresh ~1,500 poin (1 turn ~Critical Healing: 2,250 poin)
- Water Bundle ~200 damage (1 turn ~Restriction - 2 turn)
- Shark Rain ~275 - 450 damage (1 turn)
- Water Dragon Missile ~200 - 350 damage (1 turn)
- Dual Chop ~60 - 110 damage (2 turn)
Tips And Trick :
Permulaan battle tidak akan sulit soalnya dia belum mulai menggunakan Healing. Gunakan aja cara apapun terserah sampai HPnya tinggal separuh.
Begitu HP Kiyoshi tinggal separuhnya, sekarang tinggal masalah gede-gedean damage tiap satu fase.
Maksudnya satu fase: mulai dari dia healing, dan mengcast semua jutsu offensif hingga akhirnya satu turn sebelum dia heal lagi.
Karena tiap fase dia bakal healing sebesar 1,500 (kalau critical healing: 2250), usahakan dalam tiap fase itu kita menyerang lebih dari 1,500--jadi dalam tiap fase, kita akan mengurangi HP Kiyoshi secara perlahan walaupun dia heal-heal terus.
Kalau kebetulan suatu ketika dalam satu fase itu gagal ngurangi HP dia lebih dari 1,500, jangan khawatir. Ulangi lagi fasenya, usahakan terus hajar lebih dari 1,500 damage.
Itu inti strateginya. Silakan mau menggunakan jutsu apa--mau sering nge-Stun luck boleh, dibikin tidur juga boleh.
Poin utama: Tiap fase, kita harus memfokuskan serangan untuk mengurangi HP dia lebih dari 1,500. Selebihnya, jaga HP. Terus pantau agility bar supaya kita tahu kapan dia akan dapet giliran dobel (karena agility dia lebih tinggi dari kita)
Section II : Fighting Sen Ryo
Pola serangan:
- Dual Toad Fire ~300 - 500 damage (1 turn ~Burn)
- Wind Helix ~275 - 425 damage (1 turn ~Bleeding - 25%, 1-2 turn)
- Toad Summon ~300 - 500 damage (1 turn ~Stun, 2 turn)
- Red Spike ~200 - 325 damage (1 turn)
- Red Whip ~150 - 250 damage (2 turn)
Tips And Trick :
Banyak yang bilang, ini Jiraiya-nya NS..
Untungnya nggak kayak Kiyoshi, Sen Ryo nggak punya heal. Dia punya satu Stun jutsu, sisanya jutsu dengan efek Burn dan Bleeding.
Nah, karena makhluk yang satu ini nggak akan heal, kita tidak perlu menargetkan damage tertentu untuk tiap fase.
Poin utama: Selalu jaga HP karena dia punya Burn dan Stun, dan sekali lagi, pantau terus agility bar--karena damage Sen Ryo lumayan sakit, apalagi kalau pas kena Bleedingnya juga. Jangan lupa juga selalu waspada kapan dia akan mengeluakan combonya--yang berawal dari Toad Summon (Stun) karena pada saat terkena Stun, mungkin kita tidak akan sempat mengheal.
Sisanya untuk mengurangi HP, gunakan apa saja yang kamu punya, boleh utamain dodge, Stun-lock, Restriction, tergantung kelebihan karakter kita
- Section III : Fighting Takeshi
Pola serangan:
- Conductive Body ~Meningkatkan kemungkinan critical (1 turn ~Sama seperti skill Concentration)
- Shadow Clone Spear ~600 damage (1 turn)
- Lightning Dragon Spear ~600 damage (1 turn ~Stun - 3 turn)
- Spear Strike ~500 - 700 damage (4 turn)
- Serangan jarak dekat ~170 - 300 damage (1 turn)
Tips And Trick :
Nggak jauh beda dengan Sen Ryo, Takeshi nggak bisa heal tapi tipe yang damagenya SANGAT SAKIT, jauh lebih sakit dari Sen Ryo.
Yang perlu diperhatikan adalah combonya dia yang mungkin tidak akan memberikan kita kesempatan untuk heal ataupun membalas serangan; mulai dari Lightning Dragon Spear dengan efek Stun 3 turn (ingat juga--sebelumnya dia sudah boost Conductive Body yang bikin criticalnya sakit) kemudian 4 serangan Spear Strike.
Poin utama: SELALU jaga HP, selalu ingat langkah yang akan dia lakukan berikutnya, dan yang paling penting, ANTISIPASI serangan ketiga: Lightning Dragon Spear, soalnya sekalinya kita terkena dan Stun kena 3 turns komplit, udah bener-bener nggak ada harapan.
Untuk mengurangi sakitnya efek Conductive Body, coba Stun-Lock dia setelah dia meng-cast jutsu ini sampai efek skill ini hilang.
Sekali lagi, karena Takeshi nggak akan heal, kita tidak perlu terburu-buru membunuh dia, dan mungkin kita bisa lebih fokus untuk defense (heal) soalnya damage Takeshi bener-bener sakit. Sekali saja kita melewatkan kesempatan untuk heal, mungkin itu adalah kesempatan terakhir yang sudah kita lewatkan.
Dan untuk mengantisipasi Lightning Dragon Spear, mungkin bisa dengan mengandalkan kelebihan masing-masing status build. Sebagai contoh, Fire-User akan menggunakan Rage of Yama supaya Takeshi juga akan merasakan sakitnya critical dia sendiri; Earth-User juga punya cara lain--dengan Embrace of Golem, mereka tidak akan mungkin terkena Stun dari Takeshi; Water-User juga punya caranya sendiri--dengan Shield of Suiten, semua damage besar Takeshi akan mengurangi CP, tapi sama sekali tidak memengaruhi HP.
Tiap build itu unik, jadi coba temukan keunikan build-mu sendiri
- Section IV : Fighting Your Own Clone
Pola serangan:
Dia hanya mencopy jutsumu, tanpa tahu kombinasi yang tepat cara menggunakannya, jadi seharusnya ini menjadi pertarungan termudah di antara pertarungan lainnya.
Bisa jadi setelah Feather Illusion, dia akan menyerang kamu, sehingga dengan bodohnya dia akan meng-cancel efek Sleeping itu sendiri.
Di sisi lain, mungkin user dengan tipe Api - Petir yang sering mengandalkan kemungkinan one hit one kill di PvP akan merasakan one hit one kill oleh clone-nya.
Intinya, karena dia adalah tiruan dari kita, kita sendiri yang paling tahu kelemahan dan kelebihan karakter kita.
Part 3
The Kekkai
Dalam part 3, di sini kita akan disuruh untuk menemukan dan membuka empat segel yang tersembunyi dalam suatu labirin (hutan).
Labirin ini tidak akan terlalu rumit, jadi sebetulnya tanpa walkthrough pun kita pasti bisa menemukan segelnya, walau mungkin pakai muter-muter dulu. Dalam perjalanan nanti mungkin kita akan menemukan beberapa musuh: boleh dihajar, boleh ditinggal, semua terserah kita
Lokasi segel:
- Segel pertama: Pojok utara
- Segel kedua: Pojok timur
- Segel ketiga: Pojok selatan
- Segel keempat: Pojok barat
Tips And Trick :
Setelah dipikir-pikir, ini cara yang lebih akurat untuk menyelesaikan puzzlenya.
Menimbang bahwa kita hanya memiliki 10 kesempatan untuk mencari jawaban yang tepat,
setiap langkah harus dapat membuat kesimpulan warna yang dibutuhkan, jumlahnya dan lokasinya, maka :
- Isi kolom pertama dengan 1 warna (contoh: merah) semua.
- Ulangi langkah diatas sampai menemukan hasil : 1 atau 1 atau 0 atau 0 (sampai kita tahu warna tersebut hanya butuh 1 atau tidak dibutuhkan) misalnya 5 warna merah hasilnya 0 0
- Segera setelah mendapat salah satu hasil di atas, lanjutkan rencana B
- Coba isi kolom selanjutnya dengan 4 warna yang belum dicoba dan 1 warna yang sudah kita ketahui. Lebih baik lagi jika warna tersebut tidak dibutuhkan (warna yang kita tahu ini kita taruh di tempat yang berbeda dari sebelum-sebelumnya).
- Dari cara di atas, kita tahu jumlah warna selanjutnya dan kira-kira posisinya.
- Lanjutkan langkah 4 sampai semua warna telah dicoba.
- Kita akan mendapat warna yg dibutuhkan, jumlahnya dan perkiraan posisinya
- Coba susun.
Part 4
The Shikigami of Elements
Untuk bagian ke-4, kita akan menghadapi tiga roh elemen yang memiliki kemampuan untuk menggunakan semua jenis elemen dan memanfaatkan keadaan sekitar untuk memperkuat damage.
Info Utama:
- HP setiap Shikigami of Elements sekitar 12,000
- Elemen awal yang dimiliki oleh Shikigami selalu berganti secara random. Elemen yang sedang digunakan oleh tiap roh bisa dilihat dari serangan dan warna spirit yang ada di sekeliling mereka.
- Roh-roh elemen tsb akan mengganti elemen awal mereka dengan elemen lain secara berkala setiap 5 turn.
- Warna yang menyala pada tanah di tengah arena juga akan terus berganti setiap 5 turn. Warna ini menandakan pergantian elemen pada lingkungan sekitar yang bisa membuat Shikigami semakin kuat, atau justru semakin lemah.
- Shikigami terakhir akan selalu menyesuaikan elemennya dengan elemen keadaan sekitar sehingga akan membuat defensenya alot.
Keterangan Warna pada Lantai Arena Pertarungan :
Warna Lingkaran/Elemen Jutsu yang Memiliki Bonus Damage | Pengaruhnya pada Defense Shikigami
Api | Roh yang berelemen api akan menerima damage lebih kecil, sedangkan Roh berelemen angin menerima serangan lebih besar.
Air | Roh yang berelemen air akan menerima damage lebih kecil, sedangkan Roh berelemen api menerima serangan lebih besar.
Tanah | Roh yang berelemen tanah akan menerima damage lebih kecil, sedangkan Roh berelemen petir menerima serangan lebih besar.
Petir | Roh yang berelemen petir akan menerima damage lebih kecil, sedangkan Roh berelemen air menerima serangan lebih besar.
Angin | Roh yang berelemen angin akan menerima damage lebih kecil, sedangkan Roh berelemen tanah menerima serangan lebih besar.
Jadi misal yang menyala merah, itu berarti:
1.) Defense Roh Api sedang tinggi.
2.) Defense Roh Angin melemah.
3.) Jutsu Api akan memiliki serangan lebih besar.
Strategi dalam pertarungan :
- Serangan yang terfokus pada satu musuh. Sesegera mungkin membunuh satu Shikigami, karena ketika melawan dua Shikigami, kita bisa lebih menghemat disabling jutsu (karena cooldownnya lama, lebih baik kalau selalu punya cadangan). Namun perlu diingat, segera bukan berarti terburu-buru. Selalu ingat untuk sebisa mungkin menjaga HP 8/10-nya karena ancaman serangan yang tinggi dari Shikigami Petir/Api.
- Serangan yang difokuskan pada musuh yang defensenya sedang melemah. Sesuai dengan petunjuk warna yang ada pada lantai arena pertarungan, lingkungan sekitar akan memperlemah Shikigami dengan elemen tertentu, dan dalam strategi ini, kita akan memfokuskan serangan pada Shikigami yang sedang lemah itu. Jika kebetulan yang sedang melemah adalah Shikigami Angin, maka lupakan dulu strategi ini, dan fokuskan pada Shikigami Api/Petir saja. Berbeda dengan strategi pertama, serangan pada strategi kedua kemungkinan akan lebih tersebar, sehingga mungkin kalian akan terus menghadapi tiga Shikigami hingga nyaris di akhir pertarungan. Oleh karena itu, kalian harus siap dengan strategi defense yang bagus jika ingin melakukan strategi yang kedua ini.
Info Tambahan :
- Jangan membiarkan Shikigami Petir/Api memperoleh turn tanpa dikenai status negatif terlebih dahulu. Selalu ingat untuk melakukan Stun/Sleep pada dua tipe Shikigami ini.
Jika kebetulan kalian sedang memfokuskan serangan pada Shikigami ini, lakukan Stun/Restriction saja. Jangan mengcast Sleep pada Shikigami yang kalian rencanakan untuk kalian serang karena Sleep akan hilang tiap kali Shikigami terkena serangan.
- Jangan pernah menyerang Shikigami ketika mereka sedang menggunakan elemen Angin karena tingkat dodge mereka sedang tinggi.
- Untuk hal yang ini belum pasti, tapi Shikigami Air terkadang bisa lolos dari cast Sleep walaupun menurut tulisannya Shikigami ini telah berhasil kita tidurkan, oleh karena itu sebaiknya jangan mengcast status negatif pada Shikigami Air.
- Selain Shikigami Petir dan Api, Shikigami Air, Angin, dan Tanah bisa dibiarkan tanpa status negatif, karena damage mereka selalu bisa diprediksi sekitar 200-400. Namun jika kebetulan kita memiliki kelebihan disabling jutsu, jutsu ini bisa dipakai pada Shikigami Air, Angin, dan Tanah agar mengurangi kesempatan mereka melukai kita dan rekan kita.
- Selalu perhitungkan cooldown dan chakra kita agar pada setiap turn kita selalu memiliki setidaknya satu disabling jutsu.
Part 5
Yamata no Orochi
Info umum :
- HP: 28,600
- Elemen: Tidak diketahui; tapi agility jelas lebih tinggi tapi tidak sampai mendapat double turn berkali-kali.
- Skill: Evil Fire (Burning), Bleak Fire, Multi Bleak Fire, Bite (melee attack), Venomous Bite (Fear)
- Evil Fire ~230 - 450 damage (1 turn ~Burning 3% - 1 turn)
- Bleak Fire ~280 - 400 damage (1 turn)
- Multi Bleak Fire (AoE - 3 orang) ~100 - 150 damage (1 turn)
- Bite ~200 - 250 damage (4 turn)
Setelah 2 fase di atas: Venomous Bite ~125 - 225 damage (1 turn ~Fear - 2 turn)
Info :
Tidak ada trik.
Pertarungan sebenarnya baru akan dimulai setelah kamu berhasil mengurangi HP Yamata no Orochi hingga tinggal separuhnya.
Mungkin sebagai masukan, ketika HP Yamata no Orochi sudah mendekati separuhnya, pastikan HP dan chakra rekan segrupmu sudah mendekati penuh. Heal dan charge sesempat mungkin karena pada sesi berikutnya, HP dan chakramu memang akan kembali penuh, tapi HP dan chakra rekan segrupmu tidak akan mengalami pemulihan sama sekali.
- Kedatangan Mudo dan Kyo
Yamata no Orochi (Ada yang berbeda dengan sesi pertama)
Info umum :
- HP: tersisa 14,300 (50% dari HP awal)
- Elemen: Tidak diketahui; tapi agility jelas lebih tinggi tapi tidak sampai mendapat double turn berkali-kali.
- Skill: Evil Fire (Burning), Bleak Fire, Multi Bleak Fire, Secret: Yamata Flaming (Restriction), Heaven's Punishment (Poison), Frenzy (Boost Damage)
Pola serangan :
*Untuk sementara, bagian pola serangan yang ini belum valid, jadi masih perlu bantuan konfirmasi dari temen-temen.
- Evil Fire ~230 - 450 damage (1 turn ~Burning 3% - 1 turn)
- Bleak Fire ~280 - 400 damage (1 turn)
- Multi Bleak Fire (AoE - 3 orang) ~100 - 150 damage (1 turn)
- Secret: Yamata Flaming (AoE - 5 orang) ~300 - 350 damage (1 turn ~Restriction - 3 turn)
- Heaven's Punishment ~100 - 200 damage (1 turn ~Poison)
Setelah 2 fase di atas: Frenzy (1 turn ~Increase damage - x turn)
- Mudo
Info umum :
- HP: ??? (di atas 10,000)
- Elemen: Tidak diketahui; tapi kemungkinan memiliki dasar elemen Tanah dan sedikit elemen Angin.
- Skill: Earth Release : Crystal Skin (Rigid), Dark Quiet (Stun), Sky Extinguisher, Light Fist (melee attack)
Pola serangan :
*Untuk sementara, bagian pola serangan yang ini belum valid, jadi masih perlu bantuan konfirmasi dari temen-temen.
- Earth Release : Crystal Skin (1 turn ~Menambah 80% defense dan Reactive Force sebesar 50% - x turn)
- Wind Release: Air Confusion ~380 - 450 damage (1 turn)
- Sky Extinguishment ~sekitar 350 - 400 damage (1 turn)
- Lightning Release: Dark Quiet ~380 - 500 damage (1 turn ~Stun - 2 turn)
- Light Fist ~300 - 350 damage
- Kyo
info umum :
- HP: ??? (di atas 10,000)
- Elemen: Tidak diketahui. Yang jelas memiliki tingkat damage tinggi, sekitar 700 - 800 (serangan normal tanpa critical attack)
- Skill: Earth Release : Melody of Serenity (Sleep), Melody of Self-Harm, Melody of Madness, Melody of Fight, Melody of Arrogance.
Pola serangan :
*Untuk sementara, bagian pola serangan yang ini belum valid, jadi masih perlu bantuan konfirmasi dari temen-temen.
- Melody of Serenity ~200 - 300 damage (1 turn ~Sleep - 3 turn)
PERHATIAN: Kemungkinan Sleepnya ada bugnya karena tiap kali kita terkena Sleep, kita tetap tidak akan bangun--jadi mungkin sama saja seperti terkena Stun selama 3 turn.
- Melody of Self-Harm ~600 - 750 damage (1 turn)
- Melody of Madness ~260 - 350 damage (1 turn)
- Melody of Fight ~350 - 450 damage (1 turn)
- Melody of Arrogance ~400 - 530 damage (1 turn)
Tips And Trick :
Feather Illusion merupakan inti dari strategi dalam part 5. Selalu tahan serangan tambahan dari Mudo dan Kyo dengan meng-cast Sleep pada mereka.
- Spam Hellfire pada Yamata no Orochi. Gunakan seawal mungkin sehingga Hellfire akan mengalami cooldown lebih awal dari jutsu lain sehingga kamu bisa menggunakannya lagi sesegera mungkin.
- Pintar-pintarlah memanfaatkan skill 'senjata makan tuan' yang di-cast Yamata no Orochi, yaitu Secret: Yamata Flaming, karena pada saat ini, lawan juga akan terkena Restriction selama 3 turn. Sama halnya jika kamu berhasil dodge dari serangan ini, ini berarti Mudo dan Kyo tidak akan terkena Restriction.
- Lakukan cast Lightning Flash (Blind) atau Flexible jika kamu harus menghindari suatu jutsu. Stun dan Restriction hanya MENUNDA musuh meluncurkan suatu serangan.
Beberapa tips dalam mengcast disabling jutsu :
- Waktu teraman meng-cast Sleep pada Mudo dan Kyo adalah setelah Yamata no Orochi meng-cast Secret: Yamata Flaming (Restriction), atau lebih tepatnya, ketika masa Restriction habis. Ini juga waktu terbaik untuk meng-cast disabling skill pada Yamata no Orochi.
- Jika kamu perlu meng-cast Sleep pada Mudo dan Kyo sesegera mungkin, maka JANGAN meng-cast disabling jutsu (Stun atau Restriction) pada Yamata no Orochi.
- Lakukan cast Lightning Flash (Blind) atau Flexible jika kamu harus menghindari suatu jutsu. Stun dan Restriction hanya MENUNDA musuh meluncurkan suatu serangan.
Poin utama :
Ingat, inti dari misi ini adalah untuk menangkap Yamata no Orochi, jadi cast Sleep pada Mudo dan Kyo, fokuskan serangan pada Yamata no Orochi saja.
Jika kebetulan disabling jutsu kita yang lain sedang cooldown dan kalian hanya memiliki satu disabling jutsu, cast skill tsb pada Kyo karena Kyo merupakan musuh yang damagenya paling sakit dibandingkan dengan Mudo dan Yamata no Orochi itu sendiri.
0 Response to "Ujian Jounin Part 1 - 5"